Masuk 5 Besar Lomba KKB Jabar, Idris Minta Efektifkan 8 Fungsi Keluarga

Masuk 5 Besar Lomba KKB Jabar, Idris Minta Efektifkan 8 Fungsi Keluarga
Walikota Depok dan Ketua Tim Penilai KKB Prov Jabar (foto: ist)

Metrohotnews.com, Depok – Masuk dalam penilaian 5 besar Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) tingkat Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2023, Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta KKB Kelurahan Jatijajar efektifkan 8 fungsi keluarga.

Hal itu ia sampaikan saat menyambut kedatangan tim penjurian tahap III, Lomba Apresiasi Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2023, di Sekretariat KKB Kelurahan Jatijajar, RT 06, RW 01, Kecamatan Tapos, Selasa (14/3/2023).

Kedatangan tim juri ke KKB Kelurahan Jatijajar tersebut, setelah Kota Depok masuk lima besar lomba tingkat Provinsi tersebut.

“Ini pengecekan ulang atau rechecking ke Kampung KB Jatijajar,” kata Idris.

Pada lomba tersebut, terang Idris, memang sudah ada penilaian lima kota dan lima kabupaten se-Jawa Barat.

Kota Depok masuk lima besar kategori kota dari kampung berkualitas dengan delapan fungsi keluarga dan empat sasaran, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) arahkan, maupun kementerian.

Delapan fungsi keluarga tersebut, paparnya antara lain, Fungsi Keagamaan, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi dan Pembinaan Lingkungan.

Karena itu, lanjut Idris, Kampung KB merupakan kegiatan kolaborasi antara Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yang menjadi leading sector Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

“Ada Dinkes, Dinsos, termasuk Disdukcapil dan infrastruktur ada PUPR dan Dinas Rumkim, semua merupakan kegiatan kolaborasi, dan leading sector berada pada Nessi, Kepala DP3AP2KB,” tuturnya.

Lewat Lomba Kampung KB, Idris berharap bukan sekadar untuk mencari juara tingkat provinsi saja, namun efektivitas delapan fungsi keluarga dapat terwujud.

“Efek berkelanjutan yang menjadi modal besar bagi ketahanan bangsa dan negara, dan saat ini kita baru membangun untuk masa depan,” tandasnya.

Wali Kota berharap, KKB bukan sekedar mencari juara tetapi benar -benar efektif terwujud 8 fungsi keluarga. 

“Karena dari sinilah akan muncul Kelurahan yang berketahanan keluarga yang efektif untuk menjadi modal besar bagi ketahanan Bangsa dan Negara,” tekannya.

Ia menambahkan, untuk efeknya yakni KKB berkelanjutan, untuk Tahun ini juara 1, Tahun depan melempem. Jadi KKB itu harus berkelanjutan. 

“Kelurahan yang lain masuk 3 besar, bukan Tapos, Mampang, Bakti Jaya, semoga Kelurahan lain seperti Tapos bisa seperti Kampung Berkualitas  Jatijajar dan terwujud jadi ini baru membangun,” tutupnya. (Phil)

You may also like...