Menjaga Stabilitas Bapok Disperindag Jember Gelar Pasar Murah

Metrohotnews.com, Jember – Menjaga stabilitas harga Bahan Pokok (Bapok), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember, Jawa Tengah, menggelar pasar murah di sejumlah pasar.

Pasar murah yang Pemkab Jember laksanakan selama Ramadhan, menurut Kepala Disperindag Jember Bambang Saputro mengatakan, setiap Senin sampai Kamis, pihaknya terus gencarkan pasar murah pada pasar Tradisional, seperti Pasar Tanjung, Pasar Mangili dan Pasar Sukorejo.

Selain itu pasar Murah dengan harga memang lebih  murah, terangnya, Pemkab Jember juga membuka pasar murah pada 31 kecamatan  setiap pagi.

Ada juga, sambungnya, kegiatan Bupati Jember Hendy Siswanto “Jember berbagi” di bulan Ramadhan, dengan melibatkan BUMN Bulog, PT Rajawali Nucindo dan sejumlah UMKM.

“Pasar murah merupakan program Pemkab Jember, sebagai upaya menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga Bapokting selama Ramadhan,” ujarnya, usai membuka Jember berbagi, di desa Darsono, Rabu (5/4/2023).

Bambang mengatakan, warga Ambulu dan Balung sangat antusias membeli Bapok.

Dagangan tersebut seperti beras medium harga 43.000 / 5 kg, telur 25.000 / kg, Gula Pasir  13.000 / kg, Tepung teringu 11.000 / kg, Minyakita 900 ml harga 14.000 / 900 ml, serta daging sapi 120.000 / kg.

“Semua barang sembako yang kita jual, lebih murah daripada umumnya,” tegasnya.

Dalam sehari, jelasnya, kegiatan pasar murah Ambulu dan Balung  perputaran uangnya mencapai 66 juta rupiah.

ketua TP PKK Kabupaten Jember Hj Kasih Fajarini menyampaikan, pasar murah yang merupakan program dari Pemkab Jember, untuk mengendalikan inflasi sangat berdampak pada perputaran uang di Jember, menurut Bank Indonesia Jember.

Apalagi, ulasnya, pasar murah tersebut juga melibatkan UMKM. Tidak hanya kebutuhan pokok tapi juga kebutuhan lainnya seperti pakaian dan kue lebaran juga tersedia.

“Untuk harga lebih murah , harapan kita adanya pasar murah yang memang benar murah, bisa meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga berdampak pada perputaran uang di Jember  semakin besar,” tutupnya. (Redja)

You may also like...